Selasa, 05 Februari 2013

Cara Upgrade Blackberry Bold Essex 9650 ke Blackberry OS 6.0

OS bawaan Essex 9650 masih Blackberry OS 5, dan setelah saya cari-cari informasi dari internet saya menemukan cara untuk mengupgrade dari OS 5 ke OS 6.0 dan langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. sediakan dulu Desktop Manager di Laptop anda, biasanya software Desktop Manager dapat didapatkan di CD pada waktu membeli Blackberry, namun kalau sudah hilang CD-nya bisa di download langsung dari SINI,
  2. setelah itu download juga official OS 6.0. kebetulan saya membeli BB yang menggunakan vendor dari Verizon wireless oleh karena itu saya download officialnya di sini. Kalo BB anda yang Sprint bisa Download officialnya di sini
  3. Setelah itu Donwload juga BBSAK(BlackBerry Swiss Army Knife) yang akan berguna untuk mempermudah Peng-Upgradetan.
  4. Setelah ketiga program yang diperlukan sudah ada, maka langkah selanjutnya adalah menginstall satu per satu sofware tersebut, setelah ketiga software di install jangan lupa untuk me-Restart komputer anda.
  5. Slanjutnya sambungkan BB anda yang sedang dalam keaadaan hidup ke komputer atau laptop anda, dan nyalakan program Desktop Manager(DM). Backup semua data penting anda, yang perlu di backup adalah data yang berada di memory internal saja, karena pada saat upgrade semua data akan hilang/dikosongkan, maka oleh karena itu saya sarankan agar anda membackup data anda terlebih dahulu.
  6. Satu hal yang jangan sampai terlupakan adalah menghapus file Vendor.xml yang berada di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
  7. Jalankan BBSAK, isi password jika ada, namun jika tidak kosongkan saja.
  8. Pilih “Wipe OS“, yang untuk menghapus semua data OS lama. dan tunggu hingga blackberry anda reboot dan akan muncul tulisan error 506 di layar blackberry anda yang menandakan bahwa di BB anda tidak terinstal OS lagi.
  9. Memulai Instalasi. bisa dimulai dengan double klik pada file loader.exe yang berada di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader atau dengan meklik tombol “Load OS” di windows BBSAK.
  10. maka akan muncul window wizard, maka ikuti langkah demi langkah, check aplikasi yang ingin anda install tunggu sampai BB anda reboot, dan perlu diperhatikan penginstallan OS baru akan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga walapun di layar BB anda tidak muncul apa-apa tetapi tombol keyboard anda menyala, biarkan saja sampai muncul ada gambar di layar anda yang menandakan bahwa proses Instalasi selesai.
  11. Restore kembali data anda dengan DM. Sekian dulu ya, selamat mencoba :)

Tidak ada komentar: