Apa itu PGM-FI ? Pengertian dari PGM-FI yaitu Sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol Secara elektronik yang mampu mengatur pemasukan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.
Sistim Karburator
Sistim Karburator
Karburator adalah alat pencampur udara + bahan bakar dalam pembakaran di
ruang bakar motor (pengkabutan) . jadi logikanya adalah jumlah
pemasukkan bensin ditentukan dengan kevakuman yang terjadi didalam
barrel dari karburator. Kevakuman ini akan sangat berbeda - beda
tergantung dengan besarnya volume silinder dan kecepatan putaran mesin.
Semakin besar kevakuman yang terjadi , maka akan semakin besar pula
bensin yang terhisap masuk ke dalam ruang bakar.
Di Sepeda Motor karburator terutama motor bebek , jumlah bensin yang
terisap masuk masuk , belum tentu semuanya terbakar. jadi agak tidak
efisien, karena bahan bakar tidak terbakar , sehingga tidak ada tambahan
tenaga ledakkan karena ada bensin yang tidak terbakar maka kadang
sering kita mencium bau bensin. Bensin yang tidak terbakar ini akan
menimbulkan asap yang berakibat pemcemaran/ polusi udara dan
beracun. sampai akhirnya 2005 mulai di kenalkan system injeksi motor
irit. dan modifikasi teknologi motor injeksi
mulai diterapkan pada kendaraan - kendaraan , khususnya di sepeda
motor. karena sebagian pengguna jalan di indonesia adalah pengendara
sepeda motor.
Sistim Injeksi
Injeksi Fuel adalah sebuah teknologi di mesin pembakaran dalam
pencampuran bahan bakar dengan udara sebelum dibakar dengan
pengkrontalan akurat sesuai kebutuhan.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila
dibandingkan dengan penggunaan karburator. Dan injeksi bahan bakar juga
dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat,
baik dalam proporsi dan keseragaman.
njeksi bahan bakar dapat berupa
mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa
mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik.
Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor
kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control
unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh
karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar,
ramah lingkungan dan mengurangi polusi, dan tenaga yang di hasilkan
lebih besar.
Di tahun 2012 ini semua pabrikan motor berlomba dan mengeluarkan type teknologi untuk motor murah injeksi irit bahan bakar ramah lingkungan untuk mengejar standar euro3 di dunia yang dengan cara mengganti sistem pengabut bahan bakar karburator menjadi INJEKSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar